Kopi Gading Cempaka Kopi Legendaris Bengkulu


Kopi Gading Cempaka Kopi Legendaris Bengkulu

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan   kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum. (Source Wikipedia)

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. (Source Wikipedia)

Bagi para pecinta kopi, minum secangkir kopi hitam di pagi hari merupakan suatu kenikmatan yang tak tergantikan apalagi bagi mereka para perokok. Namun harus kita sadari juga bahaya dan efek samping minum kopi yang dilakukan secara berlebihan. Supaya kita mengkonsumsi kopi cukup seperlunya saja. Selain mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memilki banyak kelebihan terutama bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga telah terbukti dan diakui oleh pakar kesehatan dunia. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Kopi Gading Cempaka Kopi Legendaris Bengkulu

Kopi Gading Cempaka Kopi Legendaris Bengkulu

Buat Sobat yang suka kopi, ayo ke Bengkulu! Bengkulu merupakan salah satu provinsi penghasil kopi di Indonesia. Rasa kopi pasti memiliki satu ciri khas begitupula dengan salah satu kopi yang berada di Bengkulu ini dengan nama Kopi Gading Cempaka. Kopi robusta dan arabika yang memiliki kenikmataan kopi khas Bengkulu yang terlahir dari proses panjang dan tradisi perawatan yang sudah turun temurun. Sudah ada sejak tahun 1920 dan telah menjadi kopi yang legendaris di bumi rafflesia ini. Kopi legendaris ini punya pembeda dari kopi lain yakni kekuatan rasa dan setiap bubuknya terdapat secret yang tidak di miliki kopi lain dan sangat premium.

Nama, "Kopi Gading Cempaka" tampil dari sebuah filosofi lokal yang mengakar pada masa dahulu kala, diangkat kembali kepermukaan untuk mengabadikan sejarah leluhur. Masih ingat dengan kisah perempuan cantik Putri Gading Cempaka? Jika sobat adalah orang Bengkulu atau pernah tinggal di Bengkulu tentu tidak akan asing dengan nama tersebut.

Proses Tidak Pernah Mengkhianati Hasil

Kopi Gading Cempaka Kopi Legendaris Bengkulu

Kopi Gading Cempaka yang sudah melegenda ini diproses dengan Penuh kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi. Apa aja prosesnya?
  1. Pertama kopi ini dipilih dari buah kopi yang telah merah. Jadi yang diambil sebagai bahan dasar kopi yang sudah benar-benar matang.
  2. Kedua, dilakukan proses sortasi tahap pertama. Sortasi tahap pertama ini untuk memastikan bahwa yang dipetik tidak ada cherry (buah kopi) yang busuk selain itu juga untuk memisahkan dengan cherry-cherry yang belum matang tapi ikut terpetik.
  3. Ketiga, dilakukan penjemuran yang dilanjutkan dengan pengupasan kulit.
  4. Keempat, dilakukan sortasi tahap kedua hingga benar-benar menjadi biji kopi pilihan. Sortasi kedua ini memisahkan biji kopi hitam, rusak karena gilingan, dll hingga bersih.
  5. Kelima, dilakukan lagi sortasi tahap ketiga untuk memastikan kembali bahwa tidak ada lagi biji kopi hitam atau rusak, karena biasanya masih ada yang luput dari sortasi tahap kedua, sehingga perlu dilakukan sortasi lagi.
  6. Selanjutnya dilakukan roasting.
  7. Setelah roasting, dilakukan sortasi lagi untuk membuang biji kopi yang terlihat pucat atau tidak sama dengan biji-biji kopi lainnya. Lalu didiamkan selama 12-24 jam untuk membuang gas yang terkandung di dalamnya.
  8. Lalu dilakukan penggilingan (penghalusan)
  9. Setelah halus kopi didiamkan selama 15-30 menit untuk menghilangkan gas.
  10. Terakhir dilakukan pengemasan.

Pendiaman pasca roasting memerlukan waktu (12-24 jam) dan penghalusan (15-30 menit) untuk menjaga kualitas rasa. Itulah mengapa Kopi Gading Cempaka dikategorikan kopi premiumnya Bengkulu, karena proses yang dilaluinya panjang untuk menghasilkan kualitas cita rasa yang kas dan enak.

Produk Kopi Gading Cempaka

ROBUSTA PREMIUM
Isi 200 gram = 30.000
ARABIKA PREMIUM
Isi 100 gram = 20.000

Cara Pemesanan Sebagaimana Berikut Ini:

Online:
- WA 08117321511/ 081995850700
- Twitter @kopigadingID
- Fanpage Kopi Gading Cempaka
- IG @kopigadingcempaka
- www.kopigadingcempaka.com

COD

Langsung di studio Radio B-One FM Kota Bengkulu- Jalan S. Parman No. 117 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu. - WA 08117321511/ 081995850700

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kopi Gading Cempaka Kopi Legendaris Bengkulu"

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Silakan Tinggalkan Jejak dengan Berkomentar di Sini. Semoga Bermanfaat !