Stamina Loyo? Ini Solusinya - 7 Aktivitas Peningkat Stamina Tubuh

Stamina Loyo? Ini Solusinya - 7 Aktivitas Peningkat Stamina Tubuh
17 Agustus 2015 In Bukit Kaba, Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia

Bila sobat merasa cepat lelah, kemungkinan stamina sobat menurun. Ups, Jangan terburu-buru mengkonsumsi penambah tenaga atau stamina ya...!. Ada cara yang lebih alami dan sehat untuk mengatasinya. Stamina dalam dunia kesehatan menjadi sangat penting perannya dalam hal peningkatan kondisi badan yang sehat. Stamina secara sederhana berarti kemampuan tubuh untuk melakukan tugas pekerjaannya sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti dan masih punya cadangan tenaga untuk menikmati waktu luang. Untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan fisik yang berat maka sangat diperlukan stamina yang prima. Meningkatkan stamina melalui minuman penambah tenaga dan stamina sangat tidak dianjurkan karena dalam beberapa kasus ternyata ditemukan pasien yang menderita gagal ginjal, akibat mengkonsumsi minuman penambah tenaga. Minuman tersebut membuat kerja ginjal menjadi lebih berat. 

Tidak stabilnya kondisi lingkungan, musim yang tak menentu seperti pagi hari mendung tetapi siang hari sangat panas atau pagi hari sangat cerah tetapi siang hari tiba-tiba hujan, hal ini tentu akan berpengaruh pada kondisi fisik tubuh kita. Stamina turun maka tubuh akan mudah sakit dan juga sangat berpengaruh terhadap kinerja tubuh untuk bekerja, belajar atau aktivitas lainnya. Terlebih lagi pencemaran polusi kian meningkat. Berikut ini rioanderta.com akan memberikan tips kepada sobat semua untuk menjaga dan meningkatkan stamina:

1. Olahraga
Menurut para ahli kesehatan, olahraga jenis aerobik adalah obat terbaik untuk mengatasi kelelahan dan menambah energi. Olahraga aerobik akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak lagi pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh, meningkatkan efisiensi produksi energi. Sobat, berikut ini jenis olahraga aerobik yang bisa sobat lakukan:
-Skipping
Lakukan perlahan dan sedikit demi sedikit, selanjutnya tingkatkan jumlah loncatannya. Olahraga ini memberikan efek positif terhadap stamina sobat, lakukan secara continue agar bisa merasakan manfaatnya.

-Jogging
Mulailah ber jogging sedikitnya selama 15 menit, selanjutnya lakukan secara rutin setiap hari dan cobalah ditambah durasi waktunya.
Baca Juga: 7 Manfaat Jogging – Tubuh Sehat dan Kantong Sehat
-Renang
Ternyata renang merupakan olahraga yang sangat berpengaruh posifit dan baik bagi tubuh kita. Jika sobat bisa membiasakan berenang 30 menit tiap hari, akan punya pengaruh yang luar biasa bagi stamina.

-Bersepeda
Bersepeda merupakan jenis olahraga lainnya yang sangat baik untuk meningkatkan stamina. Tidak hanya meningkatkan stamina tetapi juga berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

2. Banyak Minum Air Putih
Kekurangan cairan adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah jadi lambat dan butuh waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen.  Minumlah air putih sesuai kebutuhan, tidak sedikit dan tidak pula berlebihan. Ada yang berpendapat dalam sehari kita harus meminum air putih sedikitnya 8 gelas atau 2 liter per hari. Perlu menjadi catatan  minumlah air putih secara bertahap jangan sekaligus dalam satu waktu. Misalnya; satu gelas air setelah bangun tidur, satu gelas sebelum dan sesudah makan pagi/siang/malam, dan satu gelas sebelum tidur.

3. Makan Sedikit Tapi Sering
Makanlah dengan porsi kecil bergizi seimbang, dengan itensitas lebih sering. Makan porsi besar kaya karbohidrat menyebabkan gula darah naik. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak insulin yang dikeluarkan tubuh. Kondisi ini akan berdampak banyaknya gula darah dikirim ke sel otot untuk disimpan sehingga menyebabkan kelelahan.

4. Konsumsi Vitamin, Mineral dan Asam Lemak Omega 3
Pasien yang kelelahan sangat dianjurkan untuk diberi asupan multivitamin dan mineral, karena vitamin antioksidan membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas. Mineral mendudukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus.

5. Ubah Rutinitas
Kebosanan merupakan salah satu penyebab kelelahan atau terkurasnya energi untuk itu rubahlah rutinitas sehari-hari yang membosankan itu dengan sesuatu yang baru dan dapat meningkatkan semangat kita.

6. Buat Skala Prioritas
Buat daftar skala prioritas dari apa yang sobat ingin lakukan. Melakukan hal yang tidak diinginkan dapat menguras atau menghabiskan energi.

7. Istirahat Sejenak
Tubuh manusia sudah didesain oleh sang pencipta, menghabiskan dan meregenerasi energi. Siklus ini berlansung kurang lebih selama 90-120 menit selama waktu kelelahan. Maka istirahatkanlah sejenak tubuh kita beberapa menit untuk memulihkan energi.

Sobat semua itulah tips untuk menjaga stamina tubuh kita agar tidak mudah kelelehan dan loyo saat beraktivitas. Tak ada salahnya sobat mencoba tips di atas daripada sobat memilih jalan pintas yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat...!


Sumber Bacaan: Majalah Sakinah Edisi Jan-Feb 2010



Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Stamina Loyo? Ini Solusinya - 7 Aktivitas Peningkat Stamina Tubuh"

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Silakan Tinggalkan Jejak dengan Berkomentar di Sini. Semoga Bermanfaat !